Bvlgari

Bvlgari Parfums membawa keunggulan dan pemahaman warisan perhiasan unik kedalam sebuah keharuman. Menyatukan desainer berbakat dan peracik dengan parfum bergengsi. Setiap aroma Bvlgari adalah ekspresi dari kemewahan sebuah kesempurnaan parfum serta keanggunan.

Hugoboss

Parfum HUGO BOSS merupakan hasil karya bergengsi dengan kualitas premium keanggunan yang terkait dengan koleksi pakaian pria dan pakaian wanita dari HUGO BOSS.

Kenzo

Kenzo parfum didirikan oleh Kenzo Takada pada tahun 1988 untuk menangani kreasi parfum Kenzo yang dihasilkan oleh rumah mode Kenzo. Parfum Kenzo telah mengkreasikan tingkat formula untuk beberapa parfum klasik dan modern terbaik dalam industri.

Carolina Herrera

Sebagai seorang gadis kecil, María Carolina Pacanins Josefina y Niño kelahiran Venezuela bermain di antara taman milik keluarganya yang penuh dengan warna-warni serta keharuman aroma bunga, menginspirasi keharuman pribadi Carolina Herrera. Kemudian, Salah satu hasil karyanya menjadi populer serta dikenal luas hingga saat ini.

DKNY

Donna Karan adalah merek yang konsisten terhadap keseimbangan antara kenyamanan dengan kemewahan. Parfum DKNY pertama, Be Delicious, merupakan penghargaan kepada New York "The Big Apple" dan debutnya dimulai pada tahun 2004 sebagai wewangian apel berbasis dalam botol berbentuk apel.



The Flying Dutchman , Sebuah Legenda




The Flying Dutchman , Sebuah Legenda

“I will round this Cape, even if I have to keep sailing until doomsday! (Aku akan selalu mengarungi semenanjung ini, walaupun harus tetap terus berlayar sampai hari kiamat menjelang!)” sumpah Kapten Hendrik Van der Decken, membahana mengalahkan amukan badai laut di perairan Cape of Good Hope (Tanjung Harapan), Afrika Selatan, pada suatu hari yang kelam di tahun 1641. Jeritan sumpah serapah di tengah keputusasaan itu membangkitkan sebuah legenda yang hingga kini masih menjadi misteri besar dalam dunia pelayaran.

Bernard Fokke yang berjuluk Hendrik “van der Decken” adalah kapten kapal salah satu kapal dagang dari armada Dutch East India Company (Vereenigde Oost-indische Compagnie - VOC), di abad 17. Ia dikenal sebagai kapten kapal yang temperamental, pemabuk dan suka bertingkah aneh. Namun kemampuan dan keterampilannya dalam berlayar sangat mengagumkan. Keahlian inilah yang membuat armada VOC memercayakan sebuah kapal dagang di bawah komandonya.

Di antara sesama pelaut, ia digosipkan telah bersekutu dengan dunia gaib, sehingga kapalnya bisa berlayar sangat cepat dan mampu mendahului jadwal pelayaran yang sudah ditentukan. Tak ada kapal lain di masanya yang mampu menandingi kecepatan kapal yang dinakhodai Van der Decken.

Suatu hari di tahun 1641, kapal yang dinakhodai Van der Decken dalam pelayaran pulang ke Holland dari Batavia. Memasuki perairan Tanjung Harapan, Afrika Selatan, cuaca berubah. Langit mendadak hitam, angin bertiup kencang dari tenggara. Dengan cepat badai mengamuk di perairan ujung selatan Afrika, membawa angin tenggara dari Samudera Hindia.

Kutukan
Kapten Van der Decken sudah mengupayakan semua keahliannya. Berjam-jam ia dan seluruh kru kapal berupaya menaklukkan badai, namun upayanya sia-sia. Alam sedang mengamuk!

Menurut legenda, ia kemudian mengamuk dan menantang integritas Yang Maha Kuasa. Ia mengucapkan sebuah sumpah yang membangkitkan kekuatan kegelapan. Saat mendengar suara badan kapal menghantam karang, Van der Decken semakin menggila. Ia mengucapkan sumpah terakhirnya: “I will round this Cape even if I have to keep sailing until doomsday!” Dan sebuah kutukan pun terwujud.

Sejak itu kapal yang dinakhodai Van der Decken tidak pernah kembali ke Belanda. Dalam catatan pelayaran, ia juga tak pernah berlabuh di dermaga manapun di seluruh dunia. Catatan dokumen VOC di pertengahan abad 17 menyebutkan bahwa kapal itu dilaporkan hilang dalam pelayaran dari Batavia menuju Holland saat mengangkut rempah-rempah. Diduga tenggelam akibat badai di perairan Starndfontein, wilayah pantai Cape Town, Afrika Selatan.

Namun, selama tiga ratus enam puluh enam tahun sejak peristiwa itu, ratusan laporan mengalir dari ribuan saksi mata yang menyebutkan melihat penampakan kapal itu berlayar di sekitar Tanjung Harapan… kapal hantu yang kemudian melegenda sebagai Flying Dutchman!

Kapal Hantu di Tanjung Harapan
Musim panas bulat Maret 1939 di False Bay, kawasan pantai Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Sekitar 60 turis sedang berjemur di pantai Glencairn, sebuah pantai wisata berpasir putih di Cape Town. Udara panas siang itu memantulkan tabir uap air di atas lautan. Memberikan nuansa laut yang lain.

Keenampuluh saksi mata itu kemudian ramai membicarakan penampakan kapal kuno itu. Tadinya mereka berpikir itu adalah bagian dari atraksi wisata, namun kemudian otoritas setempat mengatakan bahwa tak ada pelayaran (replika) kapal kuno abad 17 di kawasan itu. Dan kapal-kapal kayu jenis kapal dagang VOC model pertama sudah hampir seratus tahun tidak beroperasi lagi di perairan dunia.

Kesaksian enam puluh turis ini kemudian diberkaskan dalam dokumen bertanda X. Artinya sebuah fenomena yang tak terjelaskan. Para saksi mata yakin betul bahwa mereka telah melihat sebuah kapal dagang kuno, bertiang tiga, dengan buritan yang lebar dan tinggi, serta haluan yang menjorok dan lancip. Berlayar dengan kecepatan penuh di perairan Glencairn.

Penampakan Lain
Penampakan kapal hantu di Glencairn bukanlah yang pertama. Sebelumnya, sejumlah kesaksian tentang kemunculan kapal yang sama sudah beberapakali dilaporkan.



Sebuah laporan militer bertahun 1823, tercatat dokumen aneh dari log pelayaran kapal perang Angkatan Laut Inggris HMS Leven. Disebutkan bahwa kapal tempur ini melaporkan dua kali penampakan kapal misteirus di perairan Tanjung Harapan. Kapal tersebut modelnya sangat kuno dan mencoba membuka komunikasi. Namun karena berada di perairan berbahaya, Kapten Owen yang mengomando HMS Leven mengabaikan kapal misterius itu.

Pada 1835, R Montgomery Martin, melaporkan kapalnya berpapasan dengan kapal hantu dari abad ke-17 di sekitar perairan Afrika Selatan.

Menyusul pada 1879, kapal uap SS Pretoria mengubah arah pelayarannya setelah sejumlah besar penumpang dan kru kapal melihat cahaya tanda bahaya dari sebuah kapal misterius. Namun, saat didekati kapal itu ternyata tidak ada.

Pada 11 Juli 1881, kru kapal perang Angkatan Laut Inggris HMS Bacchante melaporkan penampakan kapal kuno abad 17. Saat itu kapal perang Inggris tersebut sedang berlayar di lepas pantai Afrika Selatan. Tiba-tiba sebuah kapal dagang berbendera VOC melintas di jalur pelayaran mereka di perairan Tanjung Harapan.

The British South Africa Annual pada 1939 dalam rilis mereka di sebuah suratkabar menyebutkan, sebuah kapal kuno misterius muncul mendadak di perairan pantai Glencairn. Kapal itu terlihat beberapa saat sebelum akhirnya menghilang tiba-tiba.

Catatan lain berasal dari dokumen Admiral Karl Doenitz yang mencatat bahwa sejumlah kru armada kapal selam U-Boat NAZI-Jerman pada masa Perang Dunia II, melaporkan penampakan kapal misterius. Saat menikmati plesir di pantai Afrika Selatan, mereka melihat sebuah kapal kuno abad ke-17 berlayar cepat di perairan dekat pantai. Namun kapal itu tiba-tiba menghilang di dekat gugus karang.

Pada 3 Agustus 1942, kapal perang Inggris HMS Jubilee yang dalam pelayaran menuju pangkalan militer di Simonstown, dekat Cape Town, mendeteksi sebuah kapal aneh. Pada pukul 9 malam, dua perwira kapal yang bertugas jaga (Davies dan Nicholas Monsarrat) melihat kapal aneh itu memendarkan sinar mendekati pantai.

HMS Junilee kemudian memberi kode pada kapal tersebut, namun tidak direspons. Kapal itu melaju dengan kekuatan penuh mendekati pantai walau angin tak bertiup. Jubilee kemudian bersiap melakukan penyergapan, namun kapal aneh itu tiba-tiba menghilang.

Sejumlah catatan penampakan lain juga masih menyisakan tanda tanya besar. Citra apa yang sebenarnya mereka lihat? Apakah kapal hantu The Flying Dutchman benar-benar nyata?

Legenda ini kemudian menggunakan karakter pelaut lain di abad 17. Seorang kapten kapal dagang VOC bernama Bernard Fokke yang dilaporkan hilang di perairan Tanjung Harapan, Afrika Selatan. Fokke dikenal sesama pelaut atas kecepatan kapalnya yang luar biasa dalam pelayaran Holland (Belanda) ke Batavia (Jawa), melampaui kecepatan kapal-kapal di zamannya. Ia diduga melakukan persekutuan dengan iblis untuk memungkinkan bantuan setan mendorong kapalnya, demi meningkatkan kecepatan walau saat angin tak berhembus.

Namun Kapten Bernard Fokke yang berjuluk Hendrik “van der Decken” dilaporkan hilang di Tanjung Harapan pada 1641 bersama kapal dan seluruh krunya. Diduga ia dikutuk untuk terus mengarungi samudera sampai hari kiamat.

Legenda Flying Dutchman ini sangat menarik minat publik, bahkan sudah diramu menjadi novel, drama, dan opera. Penyair Inggris Samuel Taylor Coleridge mengadaptasinya dalam buku “The Rime of The Ancient Mariner” (1798). Lalu seorang komposer Jerman Richard Wagner mengadaptasi cerita tersebut dalam pertunjukan opera The Flying Dutchman (1843). Dan sejumlah literatur lain banyak yang terinspirasi dari legenda ini…

Misteri
Sementara itu dalam dokumen militer Belanda, Inggris dan Jerman, terselip laporan mengenai penampakan kapal aneh misterius yang disebut “Flying Dutchman” di sekitar perairan Tanjung Harapan. Bahkan di abad 21 penampakan itu masih juga terjadi.

Bukan hanya militer, ribuan laporan sipil juga mengacu pada kapal aneh yang sama.
Berdasarkan kesaksian dan laporan ini, sejumlah peneliti menyimpulkan bahwa kemungkinan besar penampakan kapal itu hanyalah fenomena alam saja. Teori yang paling mengemuka adalah mengenai fenomena fatamorgana.

Kemungkinan, Flying Dutchman yang dilihat orang dari pantai di siang hari terjadi akibat peristiwa ini. Artinya objek kapal dikejauhan seolah tercitra menjadi kapal besar samar yang tiba-tiba muncul di dekat pantai.

Namun teori ini disangggah, karena fatamorgana tak akan mampu mencitrakan bayangan obyek secara utuh. Dan fatamorgana biasanya hanya memengaruhi satu orang. Tetapi ada laporan 60 saksi mata pada tempat dan jam yang sama melaporkan satu penampakan yang sama, walau mereka diperiksa secara terpisah (peristiwa di Glencairn).

Seorang saksi mata dari antara 60 orang dalam penampakan di Gelncairn, Mrs Helene Tydell membuat pernyataan dalam interview: “Let the skeptics say what they will, that ship was none other than the Flying Dutchman.” (Terserah kaum skeptis mau bilang apa, tetapi kapal {yang kami lihat} tak lain tak bukan adalah Flying Dutchman).

Lagi pula kelemahan teori ini adalah, bagaimana sejumlah saksi mata (bahkan secara beramai-ramai) dari tahun dan abad yang berbeda, bisa memapar detail kapal tersebut? Gambaran para saksi mata ini jelas mengacu pada kapal yang sama…

Misteri Flying Dutchman tidak pernah terungkap hingga kini. Banyak yang percaya bahwa legenda ini memang benar-benar nyata. Mereka percaya ada kekuatan kegelapan yang misterius berbaur dalam fenomena ini.




Menurut cerita rakyat , The Flying Dutchman adalah kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan , kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup.

Banyak versi dari cerita ini. Menurut beberapa sumber, Legenda ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel “The Phantom Ship” (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda “Het Vliegend Schip” (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer.
Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan “The Flying Dutchman on Tappan Sea” oleh Washington Irving (1855).

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa.
Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk,sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan .

Tetapi sang kapten tidak mau ,lalu dia berkata “aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku , atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya” Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam.

Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya.
Konon , Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia.

Sumber lain juga menyebutkan munculnya penyakit berbahaya di kalangan awak kapal sehingga mereka tidak diijinkan untuk berlabuh dipelabuhan manapun .
Sejak itu, kapal dan awaknya dihukum untuk selalu berlayar, tidak pernah berlabuh/menepi. Menurut beberapa versi, ini terjadi pada tahun 1641, yang lain menebak tahun 1680 atau 1729.

Terneuzen (Belanda) disebut sebagai rumah sang legenda Flying Dutchman, Van der Decken, seorang kapten yang mengutuk Tuhan dan telah dihukum untuk mengarungi lautan selamanya, telah diceritakan dalam novel karya Frederick Marryat - The Phantom Ship dan Richard Wagner opera.

Banyak saksi yang mengaku telah melihat kapal hantu ini. Pada tahun 1939 kapal ini terlihat di Mulkzenberg. Pada tahun 1941 seklompok orang di pantai Glencairn menyaksikan kapal berlayar yang tiba - tiba lenyap ketika akan menubruk batu karang.
Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942.

Bahkan ada suatu catatan kisah tentang pelayaran Christoper Columbus,waktu itu awak kapal Columbus melihat kapal terkatung katung dengan layar mengembang.setelah itu awak yang pertama melihat langsung tewas seketika.

Mitos akhir-akhir ini juga mengisahkan apabila suatu kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern memberi signal, maka kapal modern itu akan tenggelam / celaka.

Bagi seorang pelaut , pertemuan yang tak diduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya bagi mereka dan konon , ada suatu cara untuk mengelak dari kemungkinan berpapasan dengan kapal hantu tersebut , yakni dengan memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan.

Selama berabad - abad, legenda The Flying Dutchman menjadi sumber inspirasi para sastrawan dan novelis. Sejak tahun 1826 Edward Fitzball telah menulis novel The Pantom Ship (1837) yang diangkat dari pengalaman bertemu dengan kapal seram ini.
Banyak pujangga terkenal seperti Washington Irving dan Sir Walter Scott juga tertarik mengangkat legenda ini.

Istilah Flying Dutchman juga dipakai untuk julukan beberapa atlet sepakbola, terutama para pemain ternama asal Belanda. Ironisnya, bintang veteran negeri Orange, Dennis Bergkamp justru dikenal sebagai orang yang phobia atau takut untuk terbang, sehingga ia dijuluki The Non-Flying Dutchman.

Beberapa Laporan Penampakan The Flysing Dutchman yang sempat didokumentasikan :

1823 : Kapten Oweb , HMS Leven mengisahkan telah dua kali melihat sebuah kapal kosong terombang ambing ditengah lautan dari kejauhan , namun dalam sekejap mata kapal tersebut kemudian menghilang.

1835 : Dikisahkan pada tahun itu , sebuah kapal berbendera Inggris yang terkepung oleh badai ditengah samudera, didatangi oleh sebuah kapal asing yang disebut-sebut sebagai Kapal Hantu The Flying Dutchman , kemudian secara tiba-tiba kapal asing tersebut mendekat dan seakan-akan ingin menabrak kapal mereka , namun anehnya sebelum keduanya saling berbenturan kapal asing tersebut kemudian lenyap seketika.

1881 : Tiga orang anak kapal HMS Bacchante termasuk King George V telah melihat sebuat kapal tak berawak yang berlayar menentang arus kapal mereka. Keesokan harinya , salah seorang daripada mereka ditemui mati dalam keadaan yang mengerikan.

1879 : Anak kapal SS Pretoria juga mengaku pernah melihat kapal hantu tersebut.

1939 : kapal ini terlihat di Mulkzenberg , beberapa orang yang menyaksikannya terkejut kerana kapal usang tersebut tiba-tiba menghilang

1941 : Beberapa saksi mata dipantai Glencairn melaporkan sebuah kapal usang yang menabrak batu karang dan terpecah belah , namun setelah dilakukan penyelidikan di TKP , tidak ada tanda-tanda dari bangkai kapal tersebut.

1942 : Empat orang saksi telah melihat sebuah kapal kosong memasuki perairan Table Bay kemudian menghilang.Seorang pegawai telah mendokumentasikan penemuan tersebut di dalam catatan hariannya.

1942 : Penampakan The Flying Dutchman kembali terlihat oleh awak kapal laut militer M.H.S Jubilee di dekat Cape Town di bulan agustus 1942

1959 : Awak kapal Straat Magelhaen kembali melaporakan melihat sebuah kapal misterius yang terombang-ambing ditengah lautan dalam keadaan kosong dengan teleskopnya.